Cara Ganti dan Backup Kernel pada Redmi Note 7

By Alam Narendra - Juli 28, 2019


 
      Hai guys, kali ini saya akan membahas cara mengganti kernel pada Redmi Note 7 (Lavender). Sebelum kita mengganti kernel, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu kernel dan fungsi kernel. Kernel adalah suatu perangkat lunak/software yang merupakan inti dari sebuah OS. Fungsi kernel adalah sebagai pengatur antara software dan hardware hp itu sendiri. Dengan kata lain, kernel berfungsi untuk melayani suatu aplikasi agar dapat mengakses hardware.

       Oke, kita lanjut ke cara mengganti kernel pada Redmi Note 7. Syarat pertama adalah hp sudah unlock bootloader (UBL) dan sudah terpasang custom recovery/TWRP, Jika belum silakan mengikuti tutorial yang tersedia di google/youtube. Oke lanjut, unduh berkas kernel yang sesuai dengan hp kamu, disini saya mencontohkan dengan Redmi Note 7.

1. Masuk pada custom recovery/TWRP dengan cara menonaktifkan hp, lalu menekan tombol power dan volume atas secara bersamaan sampai muncul logo Redmi. Disini saya merekomendasikan  Orange Fox Recovery

2. Sebelum flash kernel direkomendasikan backup terlebih dahulu untuk jaga jaga jika terjadi bootlop, caranya masuk pada menu backup, tekan tombol "New Backup", centang Boot, lalu swipe to backup.


3. Sebelum flash kernel, direkomendasikan untuk wipe Dalvik/ART cache dan Cache, lalu swipe to wipe.
4. Flash kernel, dengan cara masuk ke menu files/install, lalu pilih berkas kernel yang telah di unduh tadi, swipe pada pada tombol yang telah diberikan untuk menginstall.



5. Lakukan reboot system.

Kumpulan kernel dan custom rom Redmi Note 7 (Lavender) : Telegram Channel
Semoga bermanfaat :)

  • Share:

You Might Also Like

1 Comments